-->

DRAMAMINE, OBAT PENTING YANG SERING DISALAHGUNAKAN

Posting Komentar
dramamine


Dramamine adalah obat penting. Orang awam seharusnya tahu obat ini karena manfaatnya banyak sekali. Bisa untuk mencegah mabuk perjalanan, meringankan migrain dan pusing, meredakan mual dan muntah, dan mengatasi sulit tidur. Bisa diminum sesekali oleh ibu hamil atau menyusui. Bisa juga untuk anak-anak. 


Di apotek obat ini bukan kategori obat bebas. Tapi sebetulnya kandungan Dramamine sama dengan Antimo, obat mabuk perjalanan yang bisa kita beli di mana-mana tanpa resep dokter. Dramamine dan Antimo sama-sama berisi dimenhydrinate 50 mg. 


Dramamine vs Antimo, Katanya Sama Tapi Kenapa Beda?

Kalau Dramamine dan Antimo isinya sama, kenapa keduanya beda status? Kenapa kita bisa membeli Antimo di Alfamart, Indomaret, bahkan toko kelontong, sementara Dramamine tidak? 


  1. Pertama, ini soal administrasi saja. Dramamine di Indonesia memang target pasarnya adalah resep dokter. Sementara di negara asalnya, Amerika, Dramamine adalah obat bebas seperti Antimo. 


Dramamine adalah merek paten (pelopor) dari dimenhydrinate. Usia merek ini sudah 70 tahun. Pertama kali diproduksi di Amerika setelah Perang Dunia ke-2. Di sana, Dramamine punya banyak sekali varian produk, tidak hanya tablet dan sirup, tapi juga permen. 


Adapun Antimo adalah merek lokal, buatan PT Phapros, pabrik obat obat milik negara (BUMN). Antimo adalah versi “generik bermerek” yang meniru Dramamine. 


  1. Alasan kedua adalah soal pengawasan. Dramamine termasuk salah satu obat yang banyak disalahgunakan untuk teler. Lho, memangnya obat ini termasuk narkoba? Bukan. Obat ini sebetulnya tidak seperti obat penenang golongan psikotropika


Minum Dramamine dalam jumlah banyak bukan hanya berbahaya, tapi rasanya juga jelas tidak enak. Pusing. Tapi kita tahu, di negara Indonesia yang kita cintai ini, apa saja bisa dibuat ngoplo. Tidak hanya obat resep. Obat batuk, bahkan lem Aibon saja dibuat ngoplo. Jadi, Dramamine ini tidak masuk kategori obat bebas untuk mengurangi tingkat penyalahgunaan.


Biasanya mereka yang menyalahgunakan obat ini adalah kelompok remaja. Orangtua yang punya anak remaja perlu waspada kalau tiba-tiba si anak menyimpan obat ini. 


Kalau Dramamine Sering Disalahgunakan, Kenapa Malah Diberitahukan?

Alasannya sederhana: obat ini banyak manfaatnya. Kalau sesuatu disalahgunakan, artinya ia memang berguna, hanya saja digunakan secara salah. Alkohol, obat penenang, obat batuk, bahkan narkotika, juga sangat berguna bagi kehidupan kita. Kita fokus ke manfaatnya saja. Mungkin suatu saat kita membutuhkannya. 


Walaupun bukan obat bebas, kita bisa membelinya di apotek tanpa resep, dengan konsultasi lebih dulu ke apoteker. Harganya sekitar Rp 20.000-an tiap strip. Bisa kita simpan sebagai obat P3K. Buat jaga-jaga, mungkin kita membutuhkannya di saat darurat. 


Manfaat Dramamine

  1. Untuk mencegah mabuk perjalanan dan sejenisnya

Diminum satu jam sebelum berangkat. Sebetulnya yang disebut “mabuk kendaraan” itu bukan hanya pada saat kita berkendara. Dalam bahasa Inggris, mabuk kendaraan disebut “motion sickness”. Sakit yang berhubungan dengan gerakan. 


Kenapa orang bisa mabuk kendaraan? Karena saat kita berkendara, mata kita melihat objek bergerak dengan cepat, sementara otak merasa bahwa badan kita diam saja sehingga timbul rasa mual. Begitu pula pada saat kita naik kapal yang terombang-ambing ombak, tubuh kita mengirim sinyal gerakan oleng ke kiri dan kanan tapi otak bingung karena merasa tubuh kita diam saja. 


Semua efek mual karena gerakan fisik bisa dicegah dengan Dramamine. Misalnya, sebelum naik roller coaster, sebelum main game virtual reality, atau sebelum melakukan latihan fisik yang bisa memicu mual dan pusing. 

 

  1. Meredakan mual pada ibu hamil atau menyusui

Dramamine bisa digunakan untuk mengatasi mual. Misalnya pada saat kita masuk angin. 


Dramamine juga bisa diminum sesekali oleh ibu hamil yang mual-mual sebagai pertolongan pertama. Tapi kalau mual muntahnya parah, bumil harus konsultasi ke dokter. Apakah Dramamine aman buat ibu hamil? Kategorinya: boleh. Untuk pemakaian sesekali, aman. 


Pada ibu hamil, pemakaian obat harus sangat hati-hati. Walaupun kategorinya boleh, kalau diminum terus-terusan tentu bisa menyebabkan efek samping. 


  1. Mengatasi sulit tidur

Salah satu efek samping dimenhydrinate adalah menyebabkan kantuk. Itu sebabnya kalau kita minum Antimo, kita biasanya mengantuk selama perjalanan. Tapi efek samping ini bisa berguna buat kita yang mengalami susah tidur stadium ringan.


Misalnya kita susah tidur gara-gara lembur, menonton bola, atau perjalanan jarak jauh. Ini kategorinya masih level ringan. Bisa diatasi dengan Dramamine. Kalau susah tidurnya karena kecemasan, ini sudah lain levelnya. Butuh obat penenang. Yang ini sudah wilayah dokter. Obat penenang ini kategorinya obat sangat keras. 


Dosisnya, cukup minum satu tablet saja. 


  1. Meredakan pusing

Misalnya setelah lama bekerja di depan komputer, berada satu ruangan dengan perokok, menghirup polusi udara, makan makanan tertentu, dan sejenisnya. Ini jenis pusing yang ringan. 


Kalau pusingnya level berat seperti vertigo (pusing tujuh keliling), Dramamine hanya bisa mengurangi tingkat keparahannya. Vertigo butuh obat lain untuk mencegahnya. 


  1. Alergi ringan

Dramamine juga bisa mengatasi alergi ringan di saluran nafas misalnya hidung meler dan bersin-bersin atau tenggorokan gatal. Tapi kalau alerginya parah, misalnya gatal-gatal biduran, perlu antialergi lain seperti cetirizine, loratadine, CTM, atau obat resep macam dexametasone. Selengkapnya baca bab Obat Alergi.


Efek Samping dan Dosis Dramamine

Efek samping yang umum terjadi adalah mengantuk. Bisa juga disertai pusing dan sakit kepala. Efek samping ini tidak sama pada tiap orang. 


Agar efek sampingnya minimal, kita sebaiknya minum Dramamine secukupnya saja. Tidak harus satu tablet. Misalnya, ada orang yang kalau naik mobil merasa sedikit pusing tapi tidak sampai muntah. Kalau memang dengan setengah tablet saja sudah cukup, berarti itulah dosisnya. 


Tidak semua tablet obat boleh dipotong. Dramamine termasuk yang boleh dibelah. 


Untuk anak-anak, sebetulnya Dramamine tablet bisa saja dibelah, dihaluskan, lalu diminumkan. Tapi ini agak repot. Lebih praktis minum Antimo sachet. 


Satu tablet Dramamine bisa bekerja selama kira-kira 6 jam. Kalau kita berangkat bepergian pagi dan pulang sore atau malam, berarti kita perlu minum Dramamine dua kali, sebelum berangkat, dan saat akan pulang. 


Untuk keluhan sulit tidur, kita tidak perlu minum Dramamine 3x sehari. Cukup sesuai tujuannya saja, yaitu satu kali 1 tablet menjelang tidur. Kalau efek ngantuknya masih kurang, kita bisa minum maksimal 2 tablet. Kalau dengan 2 tablet kita masih belum mengantuk juga, itu kategorinya sudah insomnia yang perlu konsultasi ke dokter. 


Yang penting diingat, Dramamine hanya obat pertolongan pertama. Diminum sesekali saja. Kita tetap harus menyelesaikan penyakit sampai akar masalahnya. Misalnya, kalau kita sering tidak bisa tidur, kita harus mengubah pola hidup. Jangan biasakan minum Dramamine. Sebab ini bisa menyebabkan ketergantungan. Besok-besok kita akan makin sulit tidur kalau tidak minum Dramamine. 


Semua penjelasan di atas berlaku untuk semua obat yang berisi dimenhydrinate. Mereknya macam-macam. Tidak hanya Dramamine. Tapi juga merek Anmum, Antimab, Antimo, Dramasine, Mantino, Omedrinat, Contramo, Oskamo, Decamo, Wisatamex. 



Related Posts

Posting Komentar

Masukkan email Anda di sini