-->

BUBUK BELERANG, OBAT SAKIT KULIT YANG TIDAK SEMBUH-SEMBUH

Posting Komentar

Orang-orang zaman sekarang cenderung meremehkan obat tradisional. Tak hanya orang awam tapi juga dokter dan apoteker. Padahal ada banyak obat tradisional yang ampuh, murah, dan efek sampingnya kecil. Obat-obat ini tersisihkan dan terlupakan.


Salah satu contohnya adalah belerang (sulfur). Obat ini sudah digunakan manusia jauh sebelum Firaun lahir. Obat-obat zaman dulu juga banyak mengandung sulfur, misalnya Salep Kalpanax, Salep 88, bedak Herocyn, dll.


Tapi sekarang orang-orang sudah melupakannya. Kalah oleh obat-obat buatan pabrik. Kalau kita kena jamur kulit, kita lebih ingat Kalpanax. Saking larisnya Kalpanax, sekarang ada Kalpanax salep dan Kalpanax krim. Salepnya masih berupa salep jadul berisi belerang dan salisilat. Sementara Kalpanax krim berisi miconazole, antijamur modern. 


Obat-obat modern menang dalam hal lebih praktis. Tinggal beli di apotek. Pemakaiannya tinggal dioleskan. Tidak berbau. Tidak ngisin-ngisini. 


Kedua jenis Kalpanax ini sebetulnya bisa diganti dengan belerang. Bahkan banyak penyakit kulit yang tidak mempan dengan Kalpanax tapi masih bisa diobati dengan belerang. Jadi, sebetulnya belerang lebih juara.


Kelemahannya, belerang sekarang sulit dicari. Pemakaiannya juga agak merepotkan, berbau, harus dicampur dengan minyak tanah lebih dulu. Apalagi minyak tanah sekarang juga sulit didapat. Tapi kombinasi belerang dan minyak tanah ini bisa mengobati sebagian besar penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, bakteri, maupun parasit yang sukar diobati.


Contoh penyakit kulit bandel yang bisa diobati dengan belerang: 


  1. Koreng bernanah yang tidak sembuh-sembuh


Koreng yang terus-menerus bernanah biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika lokasinya di bagian tubuh yang selalu kena air atau lembap, infeksi ini bisa bertahan lama. Tidak sembuh-sembuh. Bakterinya lama-lama kebal terhadap obat-obatan. Koreng jenis ini bisa dibasmi dengan belerang plus minyak tanah. 


  1. Skabies/kudis/gudik yang parah


Skabies disebabkan oleh parasit kulit yang ukurannya sangat kecil. Sulit dilihat dengan mata tapi masih bisa dilihat dengan kaca pembesar. Orang Jawa menyebutnya “ulat”.  Rasa gatalnya luar biasa karena parasit ini menggali terowongan di bawah kulit. Biasanya penderitanya tidak kuat menahan gatal kemudian menggaruknya kuat-kuat sampai menyebabkan luka dan bernanah.  


Ini termasuk penyakit kulit yang bandel. Ada salah satu obat apotek yang biasa digunakan untuk mengobati ini, harganya cukup mahal, yaitu salep Scabimite. Isinya insektisida. Sekali lagi, INSEKTISIDA. Jadi, obat ini isinya racun serangga. 


Harus digunakan dengan sangat hati-hati. Jangan sampai terkena makanan. Selesai mengoleskan, tangan harus dicuci bersih. Sedikit atau banyak, insektisida hampir pasti ada yang masuk ke dalam tubuh sebab skabies biasanya disertai luka gatal. 


Kalau kudisnya parah, Scabimite tidak sanggup membasmi tapi belerang masih bisa. Dioleskan saat di rumah saja sebab baunya mengganggu. Dibandingkan racun serangga, belerang juga lebih aman.


Di mana bisa beli belerang?

Belerang bubuk bisa dibeli online. Bisa dipesan di Tokopedia. Belarang di toko ini sudah dicampur dengan minyak tanah. Tinggal pakai. Tidak perlu mencari minyak tanah yang sekarang langka. 


Apakah belerang ini bisa untuk segala jenis sakit kulit? 


Tidak. Banyak sakit kulit kronis yang disebabkan oleh alergi atau kelainan pada kulit. Ini tidak bisa disembuhkan dengan belerang. Belerang hanya menyembuhkan sakit kulit yang disebabkan oleh kuman dan parasit. 


Related Posts

Posting Komentar

Masukkan email Anda di sini